Transportasi Laut, Urat Nadi Perekonomian Nasional

Adanya perubahan memang menjadi faktor penentu yang membuat sesuatu yang abdi dan unik yang muncul dan yang nyata serta tak bisa dihindari terutama pebisnis hanya bisa pasif saja dalam hal menerimanya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Jack Canfield membuktikan bahwa seventy five persen orang yang sukses adalah mereka yang memiliki visi yang jelas dan lugas. Syaratnya, Anda tidak boleh kompromi dengan visi tersebut jika terjadi perubahan yang mendadak. Sebaliknya Anda harus tetap terus berusaha mencapai dan mewujudkan visi tersebut. Salah satu alternatif yang sesuai untuk diterapkan di Indonesia dalam rangka memperbaiki keterpurukan ekonomi yang terjadi di Indonesia dewasa ini adalah dengan cara mengembangbiakkan Perbankan Syariah yang beroperasional secara syariah Islam secara lebih luas. Price system sesuai dengan tuntutan permintaan dan kebutuhan dan bersandar pada peraturan harga yang diturunkan dalam rangka mengendalikan komoditas dan penjualannya.

Mengamati perekonomian negara

Saya melihat bahwa permasalahan ekonomi Indonesia di dalam jangka pendek adalah lemahnya permintaan. Dalam kondisi permintaan yang lemah, penurunan bunga tak akan berdampak banyak untuk mendorong produksi, karena –seperti saya singgung di atas – untuk apa menambah investasi jika permintaan tak ada. Oleh karena itu, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendorong permintaan. Tak hanya itu, isolasi atau pembatasan aktivitas yang terjadi di China juga akan mengganggu ketersediaan barang impor yang berasal dari China.

Petunjuk ini ditindaklanjuti oleh Menteri Urusan Kolonial Idenbur dan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Rooseboom dengan mengalokasikan anggaran sebesar 30 juta gulden untuk membangun irigasi, emigrasi, pembangunan jalan, kredit pertanian dan mengembangan industri. Dalam rangka itu, Pemerintah membentuk komite yang terdiri dari para ahli yang mempelajari persoalanpersoalan ekonomi dan mencari solusinya. Karena itu maka ketika kerjadi kejatuhan produk pertanian dunia, maka harga bahan mentah dari negara jajahan termasuk Hindia Belanda ikut jatuh dan terjerumus ke dalam Depresi Besar perekonomian dunia 1929. Kebijaksanaan itu tidak menimbulkan kemakmuran negara terjajah, karena tenaga kerja petani dipaksa untuk bekerja di perkebunan, sehingga tidak sempat mengembangkan pertanian rakyat, sebagaimana terjadi di Thailand yang tidak dijajah. Akibatnya tidak terjadi ketahanan dan kemandirian ekonomi dan tetap terjadinya kemiskinan yang ditandai dengan pemberontakan dan radikalisasi gerakan rakyat selama tiga dasawarsa abad 20.

Visi ini adalah cara ampuh untuk mengatasi kondisi Volatile atau perubahan yang sementara dan cepat. Visi yang lugas akan berfungsi sebagai pemandu jalan mencapai harapan sekaligus rel yang kuat ketika terjadi kondisi Volatile. Mencari keuntungan dengan berbagai cara dan sarana kecuali yang terang-terangan dilarang negara karena merusak masyarakat seperti heroin dan semacamnya. Gambaran yang dapat diperoleh dari zaman kaum agama dan feodal ialah manusia hidup seperti hewan, tidak mempunyai fikiran sendiri, tidak mempunyai hak atas dirinya sendiri dan semuanya hanyalah kaum agama yang memilikinya. Inilah suatu kesalahan besar yang pernah diperbuat oleh kaum agama di benua Eropa. Seluruh masyarakat Eropa berontak dan mengadakan perlawanan menentang kaum agama dan feodal.

Namun, secara keseluruhan kondisi ekonomi international sebelum pandemi Covid-19 masih baik dan prospektif untuk melakukan investasi. Visi Teliti Saksama merupakan pusat kajian dan publikasi multiplatform dari berbagai isu ekonomi, politik, sosial, hukum, dan lingkungan hidup yang berdiri three tahun lalu. Tim periset Visi berasal dari berbagai perguruan tinggi terkemuka, dengan pengalaman terlibat dalam pembuatan beragam kebijakan di bidang komoditas, perdagangan, dan program komunikasi. Hasil kajian-kajian yang bermanfaat bagi masyarakat luas dituangkan dalam portal berbasis knowledge validnews.id. Sektor perdagangan Indonesia juga diprediksi akan mengalami sejumlah kontraksi.

Pemerintah telah mengeluarkan 8 paket kebijakan ekonomi sejak 9 September 2015 hingga 21 Desember 2015 lalu. Kedelapan paket ekonomi ini bertujuan untuk mengatur kembali regulasi Indonesia yang menghambat pertumbuhan ekonomi , mengatur kembali birokrasi Indonesia, dan memberikan inisiatif kemudahan sehingga iklim investasi dan perekonomian di Indonesia menjadi kondusif dan menguat. Peningkatan cadangan kas financial institution membuat masyarakat memilih untuk menabung uang di bank sehingga peredaran uang menurun. Sedangkan penurunan cadangan kas bank mendorong masyarakat untuk meminjam uang di financial institution sehingga tingkat konsumsi atau daya beli masyarakat semakin tinggi. Sekalipun mulai terbentuk kerangka besar suatu sistem perekonomian nasional, namun tidak jelas apakah sistem itu mengikuti suatu sistem ekonomi common tertentu, misalnya sistem liberal kapitalis, sistem sosialis, sistem sosial demokrasi atau sistem ekonomi Islam. Berbagai unsur sistem itu teramu dalam sistem perekonomian nasional Indonesia yang belum terumuskan.