Tips Mengatur Uang Ala Anak Kosan, Dijamin Hemat!

Ingat PG Soft bukanlah penyisihan uang sisa, namun menyisihkan uang sebelum digunakan. Karena uang tersebut akan tercampur dan Anda tidak bisa menentukan lagi mana yang untuk tabungan dan pengeluaran. Anda bisa saja menggunakan uang tabungan untuk pengeluaran secara tidak sengaja.

Biasanya dalam memenuhi kebutuhan hidup tak jarang melibatkan hutang didalamnya, terutama untuk kebutuhan darurat dan mendesak yang tidak dapt dihindari. Namun, dengan disiplin menabung memungkinkan kebutuhan mendesak pun dapat terpenuhi dari dana hasil tabungan tersebut. [newline]Di zaman sekarang ini pemakaian kartu kredit sangatlah membantu, karena penggunaannya akan memudahkan Anda. Tapi ingatlah bahwa kartu kredit juga menjadi tagihan yang tetap harus dibayar. Selain itu, pemakaian yang berlebihan juga akan membuat Anda ketergantungan dengan kartu tersebut. Jadi untuk tujuan penghematan karena uang yang Anda miliki akan ditabung, sebaiknya tidak menggunakan kartu kredit.

Menabung

Untuk tabungan bulanan, alokasikan 10-15% pendapatan yang masuk untuk ditabung. Berikut ini beberapa tips menabung agar hasil yang diperoleh maksimal. Misalnya melalui teller, siapkan uang yang hendak ditabung berikut buku tabungan dan kartu ATM. Datanglah ke bank terdekat lalu ambil antrean hingga dipanggil. Isilah setoran lengkap berupa identitas pribadi dan jumlah setorannya. Artinya, Anda sudah dapat menyetorkan tabungan kapan saja menginginkannya.

Kalau kamu masih belum mampu menyisihkan uang hingga 20 persen dari gajimu, kamu bisa memulainya dengan nominal 1 persen saja. Lalu per bulan atau per tahunnya naik dua persen hingga mencapai 5 persen. Cara pertama yang harus diperhatikan ketika akan menabung di financial institution adalah menyiapkan dokumen identitas yang diperlukan atau dokumen administratif. Berbagai dokumen yang sebaiknya disiapkan antara lain KTP, SIM, kartu pelajar, atau kartu mahasiswa. Untuk mulai menabung, sebaiknya kamu jangan menggabung dana untuk tabungan dan kebutuhan sehari-hari agar bisa mengontrol pengeluaran dan tidak tergiur untuk menggunakan uang yang ada di tabungan.

Gunakan celengan yang terbuat dari plastik tanpa harus ada bukaan kunci. Ini menghindari anak tergoda untuk mengambil tabungan sebelum uangnya terkumpul. Nah, katakan padanya kembalian uang dari membeli sesuatu itu harus ditabung. Lakukan 3 sampai 4 kali transaksi jual beli dengan kembalian yang harus anak tabung. Namun apa daya, masyarakat kita tak banyak yang tahu, meski ada bunga tabungan, uang kita sebenarnya menyusut. Banyak dari kita hanya sadar sebatas sadar di bibir kalau bunga untuk tabungan itu memang terlalu kecil.

Selain utang kartu kredit, sekarang ini akses pinjaman itu banyak sekali, apalagi karena web sudah sangat mudah untuk diakses. Apalagi sekarang, banyak sekali instrumen investasi yang bisa kamu pilih, mulai dari reksa dana, deposito hingga saham. Yang ketiga, kecenderungan memiliki uang dalam tabungan yang notabene bisa diambil kapan saja bisa saja mempengaruhi perilaku kamu menjadi lebih boros untuk membeli ini, itu. Yang pertama, mayoritas perbankan mengenakan biaya administrasi setiap bulan dan secara otomatis dipotong dari nominal tabungan kamu. Karena tujuan kamu adalah menabung, maka coba prioritaskan pendapatan kamu untuk ditabung. Terdapat beberapa instrumen investasi yang dapat dimulai dengan nominal kecil.