Rencana Keuangan Di Tahun 2021

Anggaran merupakan rencana kuantitatif yang dinyatakan baik dalam satuan ukuran fisik (volume, orang, unit, jam kerja, dan lain-lain) maupun finansial, yang diusulkan oleh manajemen untuk periode tertentu, umumnya satu tahun. Anggaran sebagai sarana untuk koordinasi antar divisi yang diperlukan dalam implementasi rencana. Selanjutnya perusahaan menetapkan misi, visi, tujuan, dan sasaran yang ingin dicapai.

Biasanya, emas dapat diolah kembali untuk dijadikan sebagai perhiasan yang memiliki worth yang lebih tinggi. Itulah mengapa jika anda lihat pada statistik, harga emas hampir tidak pernah turun. Pastikan anda selalu memiliki sebagian dari total penghasilan anda untuk ditabung. Sekecil apapun penghasilan anda, anda harus menabung untuk masa depan. Kada pada dasarnya, ada dua waktu terbaik untuk kita menabung.

Jika terjadi perubahan, maka proses perencanaan keuangan akan dilakukan lagi dimulai dari awal proses dan diteruskan dengan proses-proses berikutnya. Jangan memelihara kebiasaan berutang dan jangan ciptakan utang yang baru terutama jika sisa utangmu masih banyak. Hal tersebut perlu kamu lakukan agar kondisi keuangan kamu membaik di tahun depan. Saat ini banyak sekali jenis investasi yang dapat memberikan Anda hasil dalam bunga yang tinggi namun dengan risiko yang rendah, salah satunya melalui peer-to-peer lending dari KoinWorks. Beri diri Anda kelonggaran, tapi jangan bayangkan gaya hidup yang mewah dalam sepuluh tahun jika penghasilan masa lalu dan penghasilan Anda saat ini belum dapat menyesuaikannya.

Sebuah perencanaan keuangan tentu saja tidak akan bisa dipisahkan dari tujuan keuangan. Apa pun yang menjadi tujuan keuangan, inilah yang akan menjadi “arah” perencanaan keuangan yang dilakukan. Seperti diketahui bersama, faktor penyakit tidak menular terkait erat dengan pola hidup tidak sehat, seperti makan tidak seimbang dan kurangnya aktivitas fisik. Sedangkan dari sisi finansial, hasil survey nasional literasi dan inklusi keuangan 2016 dari Otoritas Jasa Keuangan mencatat baru 27% masyarakat usia produktif yang memiliki tabungan masa depan. Jika didukung kualitas masyarakat yang baik, bonus demografi ini akan menjadi mesin pendorong pertumbuhan ekonomi bangsa.

Mereka membantu para klien untuk mengatur penempatan uangnya agar menjadi lebih bermanfaat di masa depan.

Plan untuk keuangan tahun depan

Mulailah menyusun perencanaan keuangan untuk keadaan darurat, rencana jangka menengah, dan rencana dana pensiun. Dalam hidup sehari-hari, kita kerap melihat orang yang berpendapatan besar, tapi terbelit utang. Sebaliknya, ada orang yang pendapatannya tidak beberapa besar, tapi mampu hidup di bawah pendapatan. Dengan gaya hidup seperti itu, mereka bisa menabung, investasi, membeli produk asuransi, dan mengakumulasi kekayaan.

Ibaratnya, kamu punya aset yang disimpan dalam sebuah rumah, maka kamu perlu meletakkan atap untuk melindungi asetmu itu dari hujan, panas, angin, dan hal-hal lain yang bisa membuatmu kehilangan asetmu itu. Maka dari itulah kita harus bisa berpikir lebih kreatif dan jeli akan adanya peluang untuk mendapatkan penghasilan. Selain kamu bisa menabung secara konsisten dan disiplin, kamu juga harus punya rencana untuk berinvestasi tahun ini. Penghasilan yang dimaksud di atas bukan saja penghasilan dari pekerjaan utamamu saja, tetapi semua penghasilan dari bisnis, investasi, dan pekerjaan sampingan. Tiap-tiap jenis memiliki tingkat likuiditas yang berbeda-beda.

Tapi, kekayaan bersih yang besar saja tidak cukup bila gaya hidup tidak dikendalikan. Mereka yang sudah memiliki kebebasan finansial adalah mereka yang sudah mencapai kemakmuran. Tanpa harus bekerja, mereka mendapatkan uang dari aset produktifnya atau hasil investasinya.