Kenali Crab Mentality, Jangan Sampai Kamu Memelihara Sifat Ini!

Inilah yang menyebabakan dekadensi ethical serta hilangnya kreativitas dan produktivitas bangsa. Sebab, ketika karakter suatu bangsa rapuh maka semangat berkreasi dan berinovasi dalam kompetensi yang kekat akan mengendur, dan mudah dikalahkan oleh semangat konsumerisme, hedonisme, dan lain-lain. “PON XX Papua sukses dan lancar, investasi aman, pertumbuhan ekonomi meningkat, Papua semakin maju dan modern, masyarakat sehat dan sejahtera,” tutur Sigit. Sejauh ini, sudah cukup merasa acquainted dengan sikap crab mentality? Apakah kamu merasa pernah menjadi korban atas sifat Crab Mentality yang dimiliki orang-orang di sekitar kamu? Situasi ini tidak jarang membuat kamu kesulitan untuk merasa tulus untuk Cenghargai pencapaian teman kamu sendiri.

Dengan adanya kepribadian yang menyenangkan seperti ini, maka akan menjadi semakin mudah bagimu untuk masuk ke berbagai lingkungan, baik itu lingkungan bawah maupun lingkungan atas. Banyak orang memulai bisnis mandiri karena memanfaatkan peluang yang mereka peroleh di lingkungannya. Bila perlu, pergi untuk melakukan perjalanan sekadar mencari peluang-peluang bisnis. Karena setiap orang yang berwirausaha harus pandai mencari peluang. Dari peluang itulah bisa tercipta produk atau jasa yang dibutuhkan banyak orang. Bila kita membuka bisnis tanpa adanya niat dan keyakinan, pasti bisnis tersebut tidak akan berjalan maksimal.

Berkegiatan di rumah tidak berarti kamu tidak bisa terhubung dengan teman atau keluarga. Justru, ini momen yang tepat untuk memberikan dukungan pada orang-orang yang berarti bagi kamu, seperti keluarga dan sahabat. Kamu bisa tetapterhubungdengan mereka dengan melakukanconference Deposit Emoney callkeluarga atau “nongkronglive” bareng teman sambil melakukan kegiatan, seperti makan siang bareng, ngopi bareng, belajar bareng, atau bahkan olahraga bareng. Kita juga perlumembatasi diridari paparan berita dan media sosial yang dipenuhi oleh informasi seputar COVID-19.

Sementara Dharmawijaya Mantra, mengatakan, upaya yang dilakukan Hipmi BPC Denpasar ini sangat bagus. Para pelajar nantinya akan memiliki wawasan dalam menghadapi dunia kerja yang penuh dengan persaingan. Para pelajar ini juga akan mendapatkan pengetahuan tentang dunia usaha, sehingga diharapkan mereka memiliki niat untuk membuka usaha. ‘Namun upaya ini mesti dimatangkan terlebih dahulu, karena bisa dipakai untuk agenda tahunan. Di samping dapat disinergikan dengan agenda atau program-program Pemkot yang ada saat ini maupun nantinya,’ terang Rai Dharmawijaya Mantra.

Sebuah studi baru-baru ini di Universitas Melbourne menunjukkan bahwa orang yang percaya diri akan terus mendapatkan upah yang lebih tinggi dan dipromosikan lebih cepat daripada yang dilakukan orang lain. Keluar dari zona nyaman juga dapat terlihat ketika Anda mau mempelajari sesuatu yang sama sekali baru untuk Anda. Ini adalah mental penting yang harus dimiliki oleh pengusaha siapapun baik laki-laki ataupun perempuan. Relevansi informasi sangat dibutuhkan oleh pengusaha saat melihat situasi bisnis, sehinggapersaingantidak menjadikan alasan pengusaha takut bersaing mengelola bisnisnya. Saat sukses menjadi pengusaha, bukan berarti kita duduk santai tanpa berfikir untuk masa depan kita.

Dorongan psychological yang kita berikan bisa membantu memperkuat mentalitasnya dalam mencoba hal baru. Ketika seseorang memiliki mental yang kuat, maka juga akan memiliki keberanian untuk berbicara di depan umum, mengambil resiko, bertanggung jawab akan suatu hal. “Mengubah pola pikir dilakukan karena orang sukses itu minoritas, tidak banyak yang memiliki kemampuan di atas rata-rata. Sedangkan menyiapkan psychological dilakukan dengan berdoa, memantapkan hati, minta restu orang tua, membiasakan mencatat dan menulis, rutin evaluasi sedekah dan ibadah,” jelas Aldho. Tidak bisa dipungkiri, media sosial berkontribusi dalam isu kesehatan mental yang marak dibicarakan belakangan ini.

Mentalitas mencoba usaha

Sedangkan seorang pebisnis harus mengatur sendiri segala kegiatan yang lengkap untuk kemajuan bisnis. Bertemulah dengan orang-orang di dalam lingkup yang sama dengan Anda. Mulailah hubungan yang positif dengan para pelanggan, klien dan mitra bisnis Anda. Bisnis Anda mungkin saja akan membutuhkan waktu lama untuk bisa mendapatkan keuntungan. Ketika Anda masih dalam proses menuju kesuksesan finansial, maka Anda perlu bijak dalam mengelola keuangan, salah satunya bisa dengan menekan laju pengeluaran dan dapat membuat kas setiap harinya.

Membentuk mental yang kuat dan dan berani perlu diimbangi dengan kemampuan diri yang tinggi. Maka dari itu terus belajar dan mengasah kemampuan diri sehingga tingkat percaya diri akan meningkat dan psychological menjadi lebih siap dalam menghadapi segala tantangan yang akan terjadi. Asah kemampuan diri bisa dilakukan dengan belajar, melatih talent, mencari informasi- informasi terkait untuk menambah wawasan, dan lain sebagainya. Meskipun orang yang punya usaha sendiri selalu dipandang memiliki nilai lebih, namun nyatanya tidak sedikit orang yang enggan untuk memulai usaha sendiri. Entah itu sudah nyaman dengan pekerjaan yang gajinya mencukupi kebutuhan keluarga, modal tipis atau bahkan takut untuk memulai bisnis sendiri. Sementara itu Asisten Deputi Standar Disasi dan Sertifikasi SDM KUMKM Kemenkop RI Sentosa menjelaskan mindset menjadi perihal penting dalam membangun psychological wirausaha Pemuda sejak dini.

Dalam perjalanan mencapai kesuksesan, mungkin kamu akan berhasil mencapai target-target yang kamu patok. Misalnya saja berhasil memperoleh nilai tertinggi saat ujian, berhasil memenuhi target penjualan, berhasil naik jabatan ataupun memenangkan sebuah kompetisi. Sikap optimis ini juga mampu mendorong hilangnya rasa takut saat memulai bisnis yang akan membantu keberanian seseorang untuk menjalankan bisnisnya. Mengingat dalam meraih kesuksesan berbisnis membutuhkan waktu yang tidak sebentar, perlu adanya proses-proses yang harus dijalani. Risiko atau hambatan dalam berbisnis bisa saja terjadi dan hal tersebut harus dihadapi dengan rasa optimis demi mengembangkan bisnis yang akan dijalani. Sehingga sebagai pelaku bisnis tidak baik rasanya untuk menyerah begitu saja, tetapi seharusnya tetap terus berusaha dengan tekun.