Berita Nasional Terbaru Indonesia Hari Ini

Di media sosial beredar mengenai percakapan persiapan aksi serentak tolak PPKM yang hendak dilakukan oleh elemen masyarakat sipil di Semarang dan beberapa wilayah lain. Kabarpolitik.com, JAKARTA — Mabes Polri mengimbau masyarakat untuk tak terpancing dengan ajakan aksi demo serentak 24 Juli 2021 yang viral di media sosial. Pasalnya, ajakan demo 24 Juli itu berpotensi menimbulkan kerumunan massa dan akan menambah parah penularan Covid-19. Anggota Fraksi PDIP DPR Rahmad Handoyo mengatakan, negara perlu memberi peluang pada perusahaan farmasi swasta nasional dalam memproduksi obat yang dibutuhkan.

Para pejabat Jerman sempat memperingatkan, bahwa kepergian para pemimpin Afganistan ke luar negeri dapat “mempercepat proses.” Hal lainnya yang dapat dilakukan terkait keletihan sosial ini adalah masyarakat harus mulai terbiasa untuk tidak mendengar informasi dari sumber yang tidak jelas yang bisa jadi hanya merupakan informasi yang bersifat konspirasi. “Kepercayaan terhadap teori konspirasi bisa menstimulasi kebencian terhadap pihak-pihak tertentu sehingga pikiran menjadi sulit terbuka. Kalau sudah begitu, masyarakat akan mudah terpolarisasi dan diprovokasi,” ujar Idhamsyah. Idhamsyah menyampaikan pendapat bahwa penerapan pendekatan berbasis komunitas ini sebenarnya juga telah diterapkan di India, tepatnya di daerah Mumbai sebagai salah satu daerah permukiman kumuh terbesar di Asia.

Kabar politik terkini

Taliban memerintah negara itu dari tahun 1996 hingga 2001 dan memberlakukan interpretasi hukum Syariah Islam yang ketat. Haibatullah Akhundzada sekarang menjadi pemimpin tertinggi, sementara salah satu pendiri lainnya Mullah Baradar mengepalai sayap politik. Ribuan orang berharap bisa naik pesawat dan melarikan diri dari kekuasaan Taliban. Negara-negara Barat bergegas mengevakuasi warga mereka sendiri dan beberapa karyawan lokal. Sebuah surat kabar Jerman mengatakan memperoleh bocoran memo dinas intelijen Jerman yang mengatakan bahwa Taliban “tidak tertarik” menguasai Kabul secepatnya. Baequni menyarankan pemerintah untuk memulai upaya penanggulangan pandemi berbasis akar rumput.

Menurut Cak Imin, pemerintah mesti membuka ruang partisipasi bagi setiap elemen terlibat dalam kegiatan ekonomi dan politik. Muhaimmin Iskandar berpandangan, dominasi dan soliditas partai politik pendukung pemerintah merupakan suatu hal yang patut disyukuri. Hasto Kristiyanto mengatakan, program vaksinasi Covid-19 yang terus dilakukan partainya, sebagai salah satu upaya membantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi. TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers.

Puan Kritik Inkonsistensi Pemerintah Menangani Pandemi COVID Ketua DPR RI Puan Maharani menagih agar ada komunikasi yang jelas dari pemerintah ke masyarakat terkait penanganan pandemi COVID-19. Bamsoet Singgung Soal Perlunya Vaksin Ideologi saat Pandemi Bamsoet meminta perang terhadap pandemi Covid-19 bisa dengan peningkatan ketahanan ideologi masyarakat, selain dengan penguatan tubuh melalui vaksinasi. Seharusnya kedua pejabat tersebut berfokus dalam membantu pemerintah untuk menangani Covid-19, mengingat pandemi Covid-19 sangat menyengsarakan rakyat Indonesia pada umumnya.

Evi Novida Ginting mengatakan, pihaknya menyiapkan enam rancangan surat suara untuk Pemilu 2024 yang diklaimnya untuk penyederhanaan. Luqman Hakim mempertanyakan usulan KPU untuk melakukan penyederhanaan surat suara untuk Pemilu 2024. Khoirunnisa Nur Agustyati mengatakan, penyederhanaan surat suara untuk Pemilu 2024 dibutuhkan untuk mengatasi kompleksitas di Indonesia. Bamsoet mengungkap, saat bertemu dengan Presiden Joko Widodo kemarin (13/8) di Istana Bogor, mantan gubernur DKI Jakarta itu khawatir dengan isu masa jabatan presiden tiga periode.