Berita Korupsi Bansos Hari Ini

Selain masalah keterbatasan anggaran, pemerintah menilai aktivitas sosial dan ekonomi telah berangsur pulih. Covid-19 masih menjadi ancaman besar, positivity price Covid-19 melonjak, dan pembatasan aktivitas sosial tak terelakkan. Pada APBN 2021, pemerintah mengalokasikan Rp 408,8 triliun untuk program perlindungan sosial. Keseluruhan program tersebut diantaranya, yaitu Program Keluarga Harapan , Kartu Sembako, Bantuan Sosial Tunai , Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, Kartu Prakerja, Bantuan Presiden Produktif Usaha Mikro , dan subsidi listrik. Terlihat banyak dan beragam, program-program ini faktanya belum cukup membantu warga terdampak Covid-19. Mulai dari nilai bantuannya yang tidak signifikan hingga keterbatasan jumlah penerima.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Adi Wahyono dengan pidana penjara selama 7 tahun,” kata jaksa KPK membacakan dakwaan, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jumat, 13 Agustus 2021. Totoh Gunawan juga diminta oleh Aa Umbara untuk membuat stiker bergambar Aa Umbara sebagai Bupati Bandung Barat yang nantinya dimasukkan/ditempelkan pada paket bansos tersebut. Penilaian jaksa, Juliari terbukti melakukan tindakan korupsi bersama-sama dengan dua anak buahnya yaitu Matheus Joko Santoso dan Adi Wahyono sebesar Rp 32,forty eight miliar. Dari Izinkan Ekspor Benih Lobster Hingga Dugaan Korupsi Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo diketahui banyak mengubah kebijakan dari pendahulunya, Susi Pudjiastuti. Rabu dini hari (25/11), Edhy ditangkap KPK karena dugaan korupsi ekspor benih lobster. [newline]Dalam kabar yang beredar, dana korupsi Mensos digunakan untuk pemenangan calon kepala daerah.

Juliari sudah dituntut eleven tahun penjara, sementara Matheus eight tahun penjara. Meski demikian, Kuasa hukum Aa Umbara, Rizky Rizgantara menyatakan, paket sembako itu disediakan untuk mengakomodir warga yang tidak tercover bantuan paket sembako yang dibeli menggunakan dana APBD. Dalam pertemuan tersebut dibahas terkait bagaimana mekanisme pengadaan bantuan sosial akan dilakukan pada masa penanganan COVID-19 yang seharusnya dilaksanakan secara Penunjukan Langsung oleh PPK pada Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat. Putra sulung Presiden Joko Widodo , Gibran Rakabuming Raka, disebut-sebut dalam kasus korupsi dana bansos Kementerian Sosial. Risma mengatakan ada 14 warga Kabupaten Malang yang diduga menjadi korban penyalahgunaan dana bansos PKH tersebut.

Korupsi Bansos

Menurutnya, hakim harus menggunakan lex specialis dalam melihat persoalan yang berlangsung. KUHAP harus memberikan pengecualian terhadap KUHPer mengenai gugatan yang ditolak akibat domisili, serta hakim diharapkan dapat memperluas wawasannya agar putusannya dapat digunakan sebagai preseden termasuk dalam hal pemulihan hak korban tindak pidana korupsi. Jakarta, CNBC Indonesia – Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi menuntut majelis hakim agar menghukum Juliari Peter Batubara dengan pidana 11 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider enam bulan kurungan. Mantan Pejabat Pembuat Komitmen Kementerian Sosial pada proyek bantuan sosial , Matheus Joko Santoso dituntut 8 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi . KPK meyakini bahwa bekas Mensos, Juliari Batubara bersalah menerima suap terkait pengadaan bansos Covid-19 untuk Jabodetabek. Dikutip Gridhot dari Tribunnews, Juliari Batubara diketahui menjadi terdakwa korupsi bansos covid-19 semasa dirinya menjadi Menteri Sosial.

Menurutnya, berbahaya jika publik sudah memuncak kebenciannya terhadap partai politik. Selain itu, Matheus Joko dinilai juga sudah memberikan sebagian uang yang diterima dari whole Rp1,fifty six miliar yaitu sejumlah Rp176 juta. Selain melalui Totoh Gunawan, Aa Umbara juga melakukan kongkalikong pengadaan itu dengan istri siri serta anak kandungnya. Totoh Gunawan serta perusahaan yang disiapkan oleh Andri Wibawa melalui Denny Indra Mulyawan, Hardy Febrian Sobana, dan Diane Yuliandari. Andri Wibawa ialah anak Aa Umbara, sementara Diane Yuliandari disebut merupakan istri siri Aa Umbara.

Namun karena budaya malu di negeri matahari terbit ini masih sangat kuat, korupsi bak aib besar bagi seorang pejabat negara. Tahun 2007 silam Menteri Pertanian, Kehutanan dan Perikanan Toshikatsu Matsuoka melenyapkan nyawa sendiri di tengah skandal korupsi. Risma menambahkan usai melakukan konsultasi temuan adanya dugaan penyalahgunaan dana bansos PKH tersebut, Bareskrim Mabes Polri menyarankan agar melakukan pelaporan langsung ke Polres Malang supaya penanganan kasus tersebut lebih cepat. Pasalnya, tata kelola bansos di tanah air masih cenderung minim transparansi dan akuntabilitas. Terlebih di masa bencana/ pandemi saat ini, alasan untuk percepatan dilakukan dengan menerobos prinsip-prinsip pengelolaan bansos yang berasal dari uang negara.

Aliran dana suap bansos yang menyeret Menteri Sosial nonaktif Juliari P Batubara dikabarkan mengalir untuk kepentingan PDI Perjuangan di Pilkada 2020. Permintaan itu langsung disetujui Aa Umbara dan memerintahkan Kadis Sosial dan PPK Dinsos untuk menetapkan Andri sebagai salah satu penyedia. Atas hal tersebut, Aa Umbara diduga menerima uang sejumlah sekitar Rp 1 miliar. Sementara, dari proyek yang dikerjakannya, Totoh diduga meraup keuntungan sekitar Rp 2 miliar dan Andri menerima keuntungan Rp 2,7 miliar.