Belajar Dari Pengalaman, Mantan Kuli Ini Sukses Bisnis Jual Beli Ikan

Makassar, IDN Times – Sempat dilanda kekhawatiran sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri dari tempat kerjanya pada Agustus 2020, Lukman Hakim kini sukses merintis usaha sebagai pedagang ikan cupang. Namun karena jeli melihat peluang produk olahan dari bahan baku ikan, dirinya memutuskan untuk berhenti bekerja dan membangun perusahaan sendiri. Beberapa jenis ikan segar yang bisa disiapkan yaitu mulai dari ikan papuyu, biawan, sapat siam, kapar dan haruan. Untuk menciptakan suasana berjualan ikan yang lebih nyaman, higienis, kesegaran, dan kandungan gizinya terjaga, ada ideas yang dapat ditiru. Apalagi, bagi masyarakat yang baru akan memulai berjualan ikan, sebagai salah satu cara agar menarik perhatian dan cepat laku.

Dengan pendekatan tersebut d.rasa mampu memunculkan bangunan yang responsive terhadap tapak sekitar, baik fisik maupun sosial. Dijelaskannya, saat ini promosi jasa pesanan ikan segar secara on-line masih melalui mulut ke mulut dan belum memiliki frofil khusus pribadi di media sosial atau laman Website tersendiri. Namun walaupun demikian usaha berdagang ikan segar ini sejak lama semakin berkembang. “Banyak pesanan ataupun permintaan ikan segar melalui aplikasi Whastapp punyak anak saya,” terangnya. Selain membantu permodalan pedagang di pasar ikan hias, BRI juga disebut Damo turut mendorong pelaku usaha agar mulai menerapkan mannequin usaha secara digital. Salah satunya adalah layanan berupa pendaftaran pedagang untuk mengakses platform dagang elektronik di Pasar.id sudah dilakukan BRI.

Berdagnang ikan

Kita banyak pengeluaran, biaya hidup untuk makan, belum lagi uang sekolah tetap bayar meskipun tidak sekolah. Saya tidak sanggup lagi karena pengunjung pasar yang semakin sedikit. Saya terpaksa mengurangi biaya penggeluran dengan mengurangi pegawai sementara,” ungkap Haris . Para pedagang mulai mengeluh, dagangan mereka tidak laku lantaran pelanggan dari luar Pematangsiantar tidak bisa masuk. Pendapatan pedagang drastis anjlok, belum lagi daya beli masyarakat turun drastis karena sulitnya perekonomian.

Pasar ini buka dari subuh karena banyak warga yang mulai mencari ikan segar di jam tersebut. Sebagai karyawan senior dia sudah menguasai semua teknik pekerjaan, khususnya yang berhubungan dengan kebersihan kamar resort. Upah per bulan pun dianggap lumayan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup istri dan kedua anak kesayangannya. Informasi diberikan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kamis, 11 Februari 2021, yang memberikan petunjuk praktek cara berjualan ikan segar yang baik. Alasannya sederhana, karena harus bekerja atau belajar dirumah menjadikan banyak orang memiliki banyak waktu luang dalam menekuni hobi mereka bahkan menemukan hobi baru.

Dari sini, Anda dapat membuat deskripsi produk yang tepat sesuai dengan target pasar. “Sejauh ini, ketersediaan sejumlah komoditas bahan pokok di pasar ini masih mencukupi. Banyak memilih tidak jualan karena tak ada pembeli, berdagang di pasar juga ada ongkos untuk jualan. Seperti beli barang dari agen atau pengepul, bayar biaya retribusi, dan biaya lainnya,” katanya.

Dari kecil aku senang berdagang, padahal orangtuaku tak pernah meyuruhku untuk membantu cari uang dengan menjual sesuatu. Waktu kelas 3 SD aku bersama seorang temanku menenteng gelas dan seceret air putih pergi ke stasiun kereta api dekat rumah. Jika kebetulan mendapat ikan asin dengan kualitas baik dengan harga murah, kita boleh menjualnya dengan harga tinggi agar untung lebih besar. Ikan asin memang tidak memiliki patokan harga yang pasti, alias harga gelap, tidak seperti berdagang beberapa produk dagangan yang lainnya yang memiliki harga terang, atau dapat di ketahui dengan mudah berapa modalnya.