As Bagikan 25 Juta Surplus Vaksin Covid

Namun, berbeda dengan vaksin buatan perusahaan farmasi dunia seperti Moderna, AstraZeneca, dan Pfizer, perusahaan vaksin Tiongkok tak memberikan informasi mengenai tingkat efikasi dan efisiensinya. Tiongkok terus memproduksi vaksin corona yang ditargetkan menghasilkan 1 miliar dosis tahun depan. Kehadiran Sinovac ini memberikan akses negara-negara berkembang untuk mendapatkan vaksin di tengah produksi vaksin dari perusahaan farmasi besar dunia yang dikuasai negara-negara maju terutama Amerika Serikat dan Eropa. Ketua DPRD Banyuwangi I Made Cahyana Negara mengatakan, penanganan Covid-19 yang selama ini dilakukan pemerintah perlu disokong gotong royong semua elemen masyarakat.

Politik Vaksin

Selain itu, terutama di negara-negara Asia, Tiongkok memiliki kepentingan mengembangkan pengaruh global untuk memperlancar urusan geopolitik. Saleh mengatakan, sebaiknya pemerintah merevisi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 19 Tahun 2021 tentang pelaksanaan vaksinasi. Untuk memuluskan distribusi vaksin COVID-19 dari Amerika ke negara lain, Blinken menyatakan administrasi Joe Biden telah merekrut koordinator khusus untuk itu, Gayle Smith. Gayle Smith, kata Blinken, akan bertanggung jawab menggenjot distribusi vaksin COVID-19 dari Amerika ke negara lain agar suplai vaksin yang ada tak sia-sia. Selain itu, ia mengklaim, pelibatan TNI dalam menangani pandemi lebih efektif ketimbang bergantung pada unsur sipil. Sebab, selama ini pemerintah kerap terhambat dengan kepentingan politik di daerah.

Dengan mengisi formulir ini kamu setuju untuk mendapatkan surel nawala atau informasi lain dari Good News From Indonesia. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan kebijakan privasi dan persyaratan layanan. Hanya dengan begitu, kita bisa melihatnya dengan jernih dan objektif,” pungkas Jamil. Belakangan, sejumlah oknum menduga bahwa Kadiskes mendukung salahsatu Paslon, bahkan dilaporkan oleh seorang warga Kecamatan Bilah Hilir dengan tudingan tidak netral selaku ASN.

Pemimpin mereka, Xi Jinping, mengatakan pihaknya akan berusaha untuk memastikan negara-negara berkembang memiliki akses ke vaksin China. Xi juga berjanji akan menyumbang US$2 miliar selama dua tahun untuk respon internasional penanganan Covid-19. Dia menambahkan, masyarakat sudah seharusnya bergandengan tangan mensosialisasikan manfaat vaksin bagi kesehatan. Sampai saat ini tidak ada obat khusus untuk mengendalikan Covid-19 di dunia.

Chriswanto mengajak semua pihak yang terlibat dalam politik vaksin di dalam negeri menengok kembali konstitusi UUD 1945, “Di dalam Pembukaan UUD 1945, negara Indonesia didirikan untuk memenuhi hak-hak konstitusi warga dan melindungi segenap tumpah darah Indonesia,” ujarnya. Bahkan, Pancasila sebagai ideologi negara, menekankan kebijakan publik harus menegakkan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. BGS melanjutkan ada kecocokan antara knowledge yang dibutuhkan Kemenkes untuk mendukung program vaksinasi Covid-19 dengan knowledge yang dimiliki KPU. Terutama tentang klasifikasi masyarakat yang akan mendapat vaksin nanti. Sebelumnya, pemerintah merancang dua skema vaksinasi Covid-19, yakni vaksinasi free of charge dan berbayar .

Untuk itu, Dr. Rachmat ingin mengkaji niat dan tujuan Cina dalam mendistribusikan vaksin ke negara-negara Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Hasil kajian ini akan digunakan untuk memproyeksikan hubungan Cina-Indonesia. Sebagai dosen yang mendalami kajian politik Cina, Dr. Rachmat tertarik untuk meneliti topik ini terutama setelah Presiden Joko Widodo menerima suntikan vaksin Sinovac pertama yang bertepatan dengan kunjungan Menteri Luar Negeri Wang Yi ke Jakarta di bulan Januari 2021.

“Kami membagikan dosis ini bukan untuk mendapatkan bantuan atau mengekstraksi konsesi,” kata Biden seperti yang dikutip Reuters. “Kami membagikan vaksin ini untuk menyelamatkan nyawa dan memimpin dunia dalam mengakhiri pandemi, dengan kekuatan teladan kami dan dengan nilai-nilai kami.” Arief kemudian melanjutkan bahwa data yang dimiliki KPU bisa disesuaikan dengan klasifikasi penerima vaksin yang akan ditentukan oleh Kemenkes, seperti usia ataupun kelompok terkecil di masyarakat yaitu keluarga. Cuma saya belum dapat data vaksin itu ditarget ke keluarga atau komunitas.